3Jan 2018

Aerobik, Body Language dan Zumba, Sebaiknya Pilih yang Mana Ya?

Jangan ragu melakukannya, apalagi dengan alasan keringatan dan jadi tidak nyaman.

© shutterstock.com

Inspirasihijab.com - Ingin tubuh sehat dan langsing, ya wajib meluangkan waktu untuk berolahraga. Buat yang ingin membakar kelebihan lemak dan menjaga kesehatan tubuh, bisa memilih olahraga kardio yang punya banyak pilihan. Mulai dari aerobik yang sering jadi latihan fisik favorit para perempuan, body language yang menfokuskan pada kekuatan otot, hingga Zumba yang lagi ngetren lengkap dengan lagu-lagu rancaknya.

Olahraga yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda juga. Yuk, simak kelebihannya, untuk membantu memilih jenis olahraga yang tepat.

Senam Aerobik

Senam aerobik termasuk olahraga yang mampu meningkatkan denyut jantung dan aliran oksigen. Jika dilakukan selama 20 menit sebanyak tiga kali seminggu, latihan fisik ini bisa meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh, menjaga berat badan ideal, serta tidak mudah lelah. Otot-otot tubuh pun jadi terlatih, terutama paha, perut, pinggang, pinggul, lengan, dan dada.

Sebelum melakukan olahraga ini, awali dengan pemanasan sekitar 6 menit untuk mengurangi cedera dan menyiapkan tubuh. Asa beberapa gerakan senam aerobik yang bisa dilakukan di rumah, seperti lompat roket, lompat bintang, posisi “duduk” tanpa kursi, dan burpee. Setelah menyelesaikan rangkaian gerakan ini, tutup dengan pendinginan selama 5 menit, untuk menurunkan tekanan darah dan detak jantung secara teratur.

Body Language

Senam body language sering dianggap remeh karena gerakannya tidak seatraktif senam aerobik atau zumba, tapi manfaat yang diberikan ternyata tidak kalah besar. Biasanya, olahraga ini diminati oleh para perempuan uang sudah melahirkan untuk menguatkan otot pinggul, perut, panggul, hingga Miss V.

Walau kebanyakan gerakan didominasi dengan berdiri di satu tempat, kontraksi otot yang dilakukan pun akan menghasilkan keringat yang cukup banyak, lho. Untuk memaksimalkan pembakaran kalori dan melancarkan sirkulasi darah, lakukan olahraga ini tiga kali dalam seminggu, dengan intensitas waktu antara 30 hingga 60 menit.

Zumba

Mudah merasa bosan saat melakukan rutinitas olahraga? Coba masukkan senam zumba sebagai salah satu cara untuk menjaga kebugaran. Olahraga yang menggabungkan gerakan tarian salsa dan latin ini selalu diiring lagu-lagu rancak yang bikin kamu terpacu untuk mengikuti gerakannya. Senam zumba memang ditujukan untuk membakar kalori dalam jumlah besar, sehingga cocok buat yang ingin menurunkan berat badan.

Selain melangsingkan tubuh, zumba juga baik bagi kesehatan tubuh, menguatkan otot dan persendian, serta ampuh mengusir stres. Tidak heran kan, jika kelas zumba selalu ramai oleh peminat, dari anak-anak hingga dewasa, yang ingin merasakan manfaatnya.

Apapun pilihanmu, olahraga yang dilakukan dengan tepat dapat membawa manfaat baik bagi tubuh. Jangan ragu melakukannya, apalagi dengan alasan keringatan dan jadi tidak nyaman.

Buat kamu yang berhijab, pilih bahan kerudung yang cukup tipis saat berolahraga sehingga memudahkan sirkulasi udara. Selain itu, segera bersihkan rambut dari keringat dengan mencucinya menggunakan produk yang tepat, dan pastikan rambut benar-benar kering sebelum mengenakan kembali kerudungmu.

 

Hak Cipta : KapanLagi Networks