12Jan 2018

Trik Liburan Bebas Rambut Lepek dan Ketombe yang Menyerang

Jangan sampai masalah rambut bikin liburanmu berantakan, segera atasi dengan beberapa trik ini.

© shutterstock.com

Inspirasihijab.com - Liburan memang selalu menyenangkan, apalagi dilakukan untuk mengusir penat dan stres. Tapi pengalaman berkesan itu bakal kurang nyaman saat menyadari rambut lepek dan berketombe. Hal ini bisa jadi disebabkan kurangnya perawatan rambut yang dilakukan, sehingga partikel asing dapat dengan mudah masuk dan membuat rambut jadi lepek dan berketombe, terutama pada rambut yang cenderung berminyak.

Jangan sampai masalah rambut bikin liburanmu berantakan, segera atasi dengan beberapa trik ini.

Rajin Ganti Hijab dan Inner Selama Liburan

Liburan paling praktis, memang lebih baik membawa hijab dan inner secukupnya. Tapi, usahakan untuk rajin mencuci hijab dan inner selama liburan ya. Apalagi, jika kamu punya banyak aktivitas di luar ruangan yang menyebabkan keluarnya banyak keringat. Bakteri dan kotoran yang menempel pada hijab bisa mengakibatkan rambut jadi lepek dan berketombe. Kamu juga bisa langsung mencuci hijab dan inner, agar bisa digunakan keesokan harinya.

Keramas Sebelum dan Selama Liburan

Traveling seringkali mengharuskanmu untuk berhadapan dengan debu, polusi, dan keringat yang bikin rambut jadi kotor dan lepek. Jika dibiarkan, bisa-bisa malah terkena ketombe yang dapat memicu rasa gatal dan rontok. Awali dengan mencuci rambut sebelum bepergian lalu jadwalkan keramas menggunakan sampo dengan formulasi ringan, maksimal dua hari sekali.

Hindari Produk Penataan Rambut

Liburan terasa kurang lengkap jika dilewatkan tanpa sesi foto-foto seru. Biar tampilan makin maksimal, selain memperhatikan gaya berbusana, tatanan rambut juga tidak boleh diabaikan. Tapi penggunaan produk penataan rambut seperti hair spray, gel, dan serum yang dibiarkan tanpa dibilas di malam harinya akan membuat rambut tampak lepek dan rentan berketombe.

Menjaga Pola Makan

Selalu menjajal kuliner khas suatu daerah saat berlibur? Sama sekali tidak dilarang, kok, asal tetap memperhatikan pola makan yang sehat dan seimbang. Bukan hanya kesehatan tubuh yang bisa terganggu, tapi juga kondisi kesehatan rambut.

Seperti makanan kaya lemak dan bercitarasa pedas yang mempengaruhi pori-pori kulit untuk memproduksi minyak yang berlebihan. Jika tidak dihilangkan dengan mencuci rambut secara teratur, tentunya akan memicu rambut yang tampak lepek dan berketombe.

Jangan Lupa Minum Banyak Air

Saking asyiknya menjalani liburan, jadi kurang memperhatikan asupan air dalam tubuh. Selain rentan terkena dehidrasi yang memicu pusing dan tubuh lemas, kekurangan cairan pada tubuhmu ini juga dapat memicu masalah di rambut, seperti lepek dan kurang berkilau. Bawa botol air minum isi ulang ke mana pun pergi, atau jika perlu pasang aplikasi maupun alarm untuk mengingatkan kapan waktunya untuk minum.

Rambut lepek dan berketombe memang bisa bikin liburanmu terganggu, apalagi buat yang berhijab. Penggunaan kerudung yang terlalu lama tanpa memberikan kesempatan untuk bebas bernafas memang rentan mengalami lepek, dan bau tak sedap. Sesekali, angin-anginkan rambut dan hanya gunakan hijab saat rambut benar-benar kering usai keramas. Selamat berlibur!

Hak Cipta : KapanLagi Networks

WHAT'S YOUR OPINION?

Suka

Biasa Saja

Inspiratif

Sedih

Tidak Suka